Rabu, 26 November 2014

Adil, Ridha dan Amal Shaleh


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Di dalam Al-Qur`an, Allah memaparkan dengan rinci tentang sifat, moralitas tertinggi, dan pola pikir khas orang-orang beriman. Perasaan takut kepada Allah yang menghunjam di dalam kalbu mereka, keyakinan mereka yang tak tertandingi dan upaya yang tak pernah goyah untuk mendapatkan ridha-Nya, kepercayaan yang mereka gantungkan kepada Allah, seperti juga keterikatan, keteguhan, ketergantungan, dan banyak lagi kualitas superior serupa, semuanya disuguhkan Al-Qur`an. Lebih jauh, di dalam Kitab-Nya, Allah menyanjung kualitas-kualitas moral semacam itu, seperti keadilan, kasih sayang, rendah hati, sederhana, keteguhan hati, penyerahan diri secara total kepada-Nya, serta menghindari ucapan tak berguna.
Seiring dengan penyajian rinci tentang orang beriman model ini, Al-Qur`an juga bertutur mengenai kehidupan orang-orang beriman pada masa dahulu dan bercerita kepada kita bagaimana mereka berdo’a, berperilaku, berbicara, baik di kalangan mereka sendiri maupun dengan orang-orang lain di luar mereka, dan dalam menanggapi berbagai peristiwa.  Melalui perumpamaan ini, Allah menarik perhatian kita kepada sikap dan perbuatan yang disenangi-Nya.
Titik pandang sebuah masyarakat yang jauh dari moralitas Al-Qur`an (masyarakat jahiliyah) terhadap tingkah laku yang secara sosial bisa diterima bisa saja berubah, sesuai dengan tahapan waktu, suasana, budaya, peristiwa-peristiwa, dan manusianya sendiri. Akan tetapi, perilaku dari mereka yang kokoh berpegang pada ketetapan hukum Al-Qur`an tetap tak tergoyahkan oleh adanya perubahan kondisi, waktu, dan tempat. Seseorang yang beriman senantiasa tunduk-patuh kepada perintah dan peringatan Al-Qur`an. Karena itulah, ia mencerminkan akhlaq terpuji.
Pada bagian ini, akan kami perlihatkan sejumlah contoh perilaku yang layak mendapat penghargaan sesuai penilaian Allah. Akan tetapi, kami tidak menguraikan semua kualitas perilaku terpuji dari orang-orang beriman yang secara panjang lebar telah terteradalam Al-Qur`an. Kami hanya memfokuskan perhatian pada moralitas terpuji yang masih terselubung dengan segala keagungan-keagungannya yang terpendam. 
1.2 .Tujuan
a)       Tujuan penulisan ini adalah untuk menambah wawasan dalam memahami sifat – sifat terpuji yang terkandung di dalam Al-qur’an.
b)       Tujuan lain dari penulisan ini adalah untuk memenuhi tugas berupa makalah pada mata pelajaran agama islam tentang sifat-sifat terpuji.

1.3.Rumusan Masalah
            Beberapa rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah kami ini antara lain :
a)      Apakah pengertian Adil, Ridha dan Amal Shaleh ?
b)      Bagaimana Contoh Perilaku Adil,Ridha dan Amal Shaleh  ?
c)      Apa manfaat yang kita dapatkan apabila kita menjalankan perilaku Adil,Ridha dan Amal Shaleh ?
1.4.Batasan Masalah
            Batasan-batasan masalah dalam makalah kami ini antara lain :
a)      Perilaku terpuji yang akan kami bahas yaitu Adil,Ridha dan Amal shaleh
b)      Pengertian Adil,Ridha dan Amal shaleh
c)      Cara menerapkan perilaku terpuji dalam hal ini Adil,Ridha dan Amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari.
d)     Manfaat yang didapatkan apabila menerapkan perilaku terpuji serta bahaya yang dapat kita terima apabilakitatida menerapkan perilaku terpuji dalam kehidupan kita.













BAB II
PEMBAHASAN
2.1       ADIL
A.Pengertian Adil
Adil adalah memberikan hak kepada orang yang berhak menerimanya tanpa ada pengurangan, dan meletakkan segala urusan pada tempat yang sebenarnya tanpa ada aniaya, dan mengucapkan kalimat yang benar tanpa ada yang ditakuti kecuali terhadap Allah swt saja. Adil sering diartikan sebagai sikap moderat, obyektif terhadap orang lain dalam memberikan hukum, sering diartikan pula dengan persamaandan keseimbangan dalam memberikan hak orang lain, tanpa ada yang dilebihkan atau dikurangi. Ada 2 dalil tentang keadilan yaitu Dalil AqliAdil berdasarkan akal pikiran, kita tahu bahwa tanpa keadilan di  dunia, segala sesuatunya tidak akan seimbang sehingga dapat menjadi masalah besar. Sedangan Dalil Naqli Q.S. An-Nahl [16] : 90 berbunyi :
1. Mereka yang bersikap adil akan mendapat keamanan di dunia dan akhirat.
2. Apabila orang adil yang berkuasa, maka keadilan akan memelihara kekuasaannya.
3. Mendapat keridhaan dari Allah SWT.
4. Mereka yang bersikap adil tidak akan menzalimi sesama manusia.
5. Mereka yang bersikap adil akan mendapatkan posisi yang tinggi di dunia maupun akhirat.
6. Keadilan merupakan jalan menuju surga.

B. AL-QUR’AN DAN HADIST TENTANG PERILAKU ADIL

:عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللَّهُ تعالى عنهما قَالَ
:قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
،إِنَّ الْمُقْسِطِينَ عِنْدَ اللَّهِ عَلَى مَنَابِرَ مِنْ نُورٍ، عَنْ يَمِينِ الرَّحْمَنِ عَزَّ وَجَلَّ وَكِلْتَا يَدَيْهِ
.الَّذِينَ يَعْدِلُونَ فِى حُكْمِهِمْ وَأَهْلِيهِمْ وَمَا وَلُوا


Dari ‘Abdillah bin ‘Amr bin ‘Ash Radhiyallahu Ta’ala ‘anhu berkata: Bersabda Rasulullah Shalallahu‘alaihi wassalamSesungguhnya mereka-mereka yang berbuat adil di sisi Allah Ta’ala, kelak mereka akan berada di atas mimbar dari cahaya, dari tangan kanan Allah ArRahman ‘Azza wa Jalla. Dan kedua tangan Allah Ta’ala adalah kanan. Mereka adalah orang-orang yang adil dalam menghukumi sesuatu bahkan terhadap keluarga mereka sendiri, juga terhadap orang-orang yang mereka pimpin. (Dikeluarkan oleh Imam Muslim Rahimahullahu)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh4G8zSJUELooB6SwlgUWXfuF-dZDYLySEURzvcriViI5a2mS-2p1FoZzJ5p1OurNGYFbM583wnF_jSKYQFdVADSop2CoWBwd3fffsrhoTSPNb9Ybp33VmfVDaupQ4TkJcKmLftTSWyNf4z/s640/al-an%2527aam+115.png
 
Artinya:
“Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al-Quran) sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merobah robah kalimat-kalimat-Nya dan Dia lah yang Maha Mendenyar lagi Maha Mengetahui”
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJ2f9v0RE2h2C0rLaAAgmPxML0i713pW4J6_MqdtPN2PAFalUZdIufn13gA-u6UIe5bqPF8dQZro5FKjr4m_8pKaNmxZpla9mjViZ8ftOjJBPiNqsg7VqoJwoQj1eDSYOIEMkU5oUpav_L/s640/al-anbiya+ayat+112.png
  
Artinya:
“(Muhammad) berkata: "Ya Tuhanku, berilah keputusan dengan adil. Dan Tuhan kami ialah Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Yang dimohonkan pertolongan-Nya terhadap apa yang kamu katakan."

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9UeVAHJcCyK4uINAlziIQ79u1jEW7ivqNseBhL3JnC7QzYTAPZ_zst0aWnoyyqIoY7zN6CDqqgYMaeQKOlSm9a9LI0vJw1XhjzOXjb08oY5kEyzTvu3a7RrxOc2byKGDPF_9chvZSwzHJ/s640/al-maidah+8.png

Artinya :
“Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil . Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiG_dngbtIsu7lKa9AhWQxXSujLKNBV_kuVo-Ga6nEHCDZkI_XPyNypl2eG5rDhcU3s-T9ftlQRXw0gghd98kavPELhNJJGKMGiP2zI0f4LTKTvSsv6MRbyU5VkWZAacT-hJD5_YS8gQlkH/s640/an-nisa+129.png

Artinya:
“Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvLFkrzmfAU5GqWj9kI0xQFqSQrphKYXt3q0rnh3YGJ3-Mqt8Pf7TSEpKjQ_AR08-bKGHQne6JgbcZbDAcy5pLkM1xCawH7IIjHxIc-2mSQJHy9qWScsWOQBcAcTWMmlrgfhBWQCYkcSWC/s640/an-nisa+3.png

Artinya :
“Dan apabila kalian takut tidak bisa berbuat adil kepada anak-anak perempuan yang yatim (untuk kalian jadikan istri), maka nikahilah perempuan-perempuan (lain) yang kalian senangi, dua atau tiga atau empat. Bila kalian takut tidak bisa berbuat adil, maka nikahilah satu perempuan saja atau budak-budak kalian. Yang demikian itu lebih membuat kalian tidak berbuat zhalim”

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqS0yRraNfu12qmkH7MZIVdrZBfhRca1J_lrgOjeG2TEvhH7JzkvMzqGUgOhkNVV2MacNuh0T4SqN-iP-lVDkjr2OBnkMh172ou5FX18Y8VlS0sbS5Zgpqb3TquZtpGPnGbzF7XgwRdP1O/s640/az-zumar+69.png

Artinya : 
“Dan terang benderanglah bumi (padang mahsyar) dengan cahaya (keadilan) Tuhannya; dan diberikanlah buku (perhitungan perbuatan masing-masing) dan didatangkanlah para nabi dan saksi-saksi dan diberi keputusan di antara mereka dengan adil, sedang mereka tidak dirugikan”
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzxcbNlXBjhxkhRdJMjLqe3gjD_xG8LyTO4gRjpOe3SiheZzaMIKtNyh6F6V6imvViq_XkvmbUu9PTehxi5Z-_uOj2LvRlT6QgsytmXHs4aVrXWSIXNqpdCeB8CZTQ857QBxNVNk6fEXET/s640/az-zumar+75.png
  
Artinya:
“Dan kamu (Muhammad) akan melihat malaikat-malaikat berlingkar di sekeliling `Arsy bertasbih sambil memuji Tuhannya; dan diberi putusan di antara hamba-hamba Allah dengan adil dan diucapkan: “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam”.

C. CONTOH PERILAKU ADIL
a.      Bertindak bijaksana dalam memutuskan antara orang orang yang berselisih.
b.      Tidak mengurangi timbangan dan takaran.
c.       Bekerja secara optimal untuk mengatur berjalannya tata kelola pemerintahan yang baik,    sehingga semua rakyat mendapat keadilan dan tidak dikurangi haknya.
d.      Belajar secara maksimal dan sungguh-sungguh agar semua potensi yang telah diciptakan oleh Allah dalam diri kita dapat berkembang dengan baik
e.       Tolong-menolong dan bekerjasama dalam kebaikan.

D.Manfaat Bersikap Adil.
a.       Orang yang bersikap adil akan menyadari bahwa setiap orang harus mempertanggung jawabkan senua perbuatannya, setiap orang tidak akan menanggung perbuatan dosa orang lain dan setiap orang akan memperoleh hak yang  sesuai dengan apa yang telah diusahakannnya.

E.Cara Untuk Membiasakan Diri dalam Berperlaku Adil

a)      Menyadari pentingnya keadilan dalam kehidupan manusia, baik yang menyangkut konsep keteraturan dan keseimbangan alam semesta maupun yang berkaitan langsung dengan kemasalahatan kehidupan manusia.
b)      Memahami nilai-nilai positif yang terkandung dalam prinsip keadilan, seperti kedamaian dan kenyamanan hidup serta hilangnya kebencian dan permusuhan di antara sesame manusia.
c)      Berusaha mempraktikan perilaku keadilan untuk diri sendiri, seperti belajar maksimal sebagai sebuah keadilan terhadap potensi dan bakat yang diberikan Tuhan untuk ditumbuhkembangkan secara optimal.
d)     Berusaha mempraktikan keadilan kepada orang lain, misalnya dengan bersikap adalah ketika menimbang dan menakar sesuatu/ bersikap seimbang ketika menilai teman atau rang lain.

Cara supaya adil yaitu mempunyai iman yang kukuh dan bertakwa kepada Allah SWT, menguasai ilmu syariat dan ilmu Aqidah, melaksanakan amanah dengan penuh tanggung jawab, ikhlas dan bertakwa kepada Allah SWT, memiliki pribadi yang mulai (tidak mementingkan diri sendiri, memiliki belas kasihan, bijak/tegas dan berani mengambil resiko).
Bahaya jika tidak adil yaitu tidak adanya keseimbangan dalam kehidupan dunia, dapat menimbulkan perselisihan di berbagai pihak kehidupan bermasyarakat dan bernegara, adanya pihak yang tidak mendapatkan haknya / terjadi pelanggaran HAM dimana-mana.

2.2         RIDHA
A.Pengertian Ridha
Kata Ridho berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata rodiya yang berarti senang, suka, rela. Ridho merupakan sifat yang terpuji yang harus dimiliki oleh manusia. Banyak ayat Al- Qur’an yang menjelaskan bahwa Allah SWT ridho terhadap kebaikan hambanya. Ridha menurut kamus al-Munawwir artinya senang, suka, rela. Dan bisa diartikan Ridho/rela adalah nuansa hati kita dalam merespon semua pemberian-NYA yang setiap saat selalu ita rasakan. Pengertian ridha juga ialah menerima dengan senang segala apa yang diberikan oleh Allah s.w.t. baik berupa peraturan (hukum) ataupun qada’ atau sesuatu ketentuan dari Allah SWT. Jadi ridho adalah perilaku terpuji menerima dengan senang apa yang telah diberikan Allah kepadanya, berupa ketentuan yang diberikan kepada manusia. Ada 2 dalil tentang keridhaan yaitu Dalil AqliMenurut akal pikiran, tanpa adanya ridha, manusia tidak akan bisamenerima segala ketentuan-ketentuan Allah yang telah ditetapkanbaginya, sehingga segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini tidak akan berjalan dengan baik.

Q.s At-Taubah Ayat ke 96

يَحْلِفُونَ لَكُمْ لِتَرْضَوْا عَنْهُمْ فَإِنْ تَرْضَوْا عَنْهُمْ فَإِنَّ اللَّهَ لَا يَرْضَى عَنِ الْقَوْمِ الْفَاسِقِينَ (96)

Artinya:
Mereka akan bersumpah kepadamu, agar kamu ridha kepada mereka. Tetapi jika sekiranya kamu ridha kepada mereka, sesungguhnya Allah tidak ridha kepada orang-orang yang fasik itu. (9: 96)

Sikap rida merupakan sikap yg terpuji. Kata rida artinya dapat disamakan dg rela atau ikhlas, tulus hati, suci, murni. Pengertian ikhlas menurut istilah adalah mengerjakan sesuatu perbuatan yg baik dg niat hanxa karena Allah Swt. dan hanya mengrarapkan ridha-Nya. Sikap ikhlas senantiasa harus kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

B.Macam-Macam Sikap Ridha
1. Rida kepada Allah Swt. 
Rida kepada Allah Swt. berarti menerima dg sepenuh hati bahwa Allah Swt. adalah tuhan sekalian alam yg harus kita sembah dan tidak menyekutukan-Nya.
2. Rida kepada agama Allah Swt. 
Rida terhadap agama Allah Swt. berarti menerima dg sepenuh hati agama Allah Swt. yg berisi aturan-aturan yg harus kita laksanakan dengan sepenuh hati dan larangan-larangan yang harus kita tinggalkan dengan penuh keikhlasan.Sikap ikhlas berhubungan dg niat seseorang ketika mengerjakan suatu, pekerjaan. Ikhlas atau tidaknya seseorang berniat melakukan sesuatu pekerjaan sangat ditentukan oleh niatnya. Apabila seseorang berniat melakukan sesuatu karena Allah Swt. dan mengharapkan rida-Nya, maka hatinya berarti ikhlas. Sebaliknya apabila niatnya bukan karena Allah dg mengharap pujian, sanjungan dan imbalan Berarti hatinya tidak ikhlas.
3.Ridha terhadap perintah dan larangan Allah
Artinya ridha untuk mentaati Allah dan Rasulnya. Pada hakekatnya seseorang yang telah mengucapkan dua kalimat syahadat, dapat diartikan sebagai pernyataan ridha terhadap semua nilai dan syari’ah Islam.

Ayat Al -Qur'an tentang Ridho dalam beribadah

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الأَرْضِ إِلا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ (6)
Dan tidak ada suatu binatang melata[709] pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya[710]. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).(Q.S.Hud :6)
[709]. Yang dimaksud binatang melata di sini ialah segenap makhluk Allah yang bernyawa.
[710]. Menurut sebagian ahli tafsir yang dimaksud dengan tempat berdiam di sini ialah dunia dan tempat penyimpanan ialah akhirat. Dan menurut sebagian ahli tafsir yang lain maksud tempat berdiam ialah tulang sulbi dan tempat penyimpanan ialah rahim
.

لِلْفُقَرَاءِ الَّذِينَ أُحْصِرُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ لَا يَسْتَطِيعُونَ ضَرْبًا فِي الْأَرْضِ يَحْسَبُهُمُ الْجَاهِلُ أَغْنِيَاءَ مِنَ التَّعَفُّفِ تَعْرِفُهُمْ بِسِيمَاهُمْ لَا يَسْأَلُونَ النَّاسَ إِلْحَافًا وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ (273)

 (Berinfaqlah) kepada orang-orang fakir yang terikat (oleh jihad) di jalan Allah; mereka tidak dapat (berusaha) di bumi; orang yang tidak tahu menyangka mereka orang kaya karena memelihara diri dari minta-minta. Kamu kenal mereka dengan melihat sifat-sifatnya, mereka tidak meminta kepada orang secara mendesak. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka sesungguhnya Allah Maha Mengatahui.(Q.S.Al-Baqarah : 273)

وَالَّذِينَ إِذَا أَنْفَقُوا لَمْ يُسْرِفُوا وَلَمْ يَقْتُرُوا وَكَانَ بَيْنَ ذَلِكَ قَوَامًا (67)

Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian. (Q.S.Al-Furqon :67)

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ (56) مَا أُرِيدُ مِنْهُمْ مِنْ رِزْقٍ وَمَا أُرِيدُ أَنْ يُطْعِمُونِ (57)
Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.
Aku tidak menghendaki rezki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi-Ku makan. (Q.S.Ad-Dzaariyaat : 56-57)



حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ حَدَّثَنَا أَبُو حَصِينٍ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَيْسَ الْغِنَى عَنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ وَلَكِنَّ الْغِنَى غِنَى النَّفْسِ

R.a; dari nabi SAW beliau bersabda :Bukanlah yang kaya itu bukan yang kaya materinya,akan tetapi yang disebut kaya itu adalah kaya hati. (H.R.Bukhari,Muslim)
4. Ridha terhadap taqdir Allah.
Ada dua sikap utama bagi seseorang ketika dia tertimpa sesuatu yang tidak diinginkan yaitu ridha dan sabar. Ridha merupakan keutamaan yang dianjurkan, sedangkan sabar adalah keharusan dan kemestian yang perlu dilakukan oleh seorang muslim.
Perbedaan antara sabar dan ridha adalah sabar merupakan perilaku menahan nafsu dan mengekangnya dari kebencian, sekalipun menyakitkan dan mengharap akan segera berlalunya musibah. Sedangkan ridha adalah kelapangan jiwa dalam menerima taqdir Allah swt. Dan menjadikan ridha sendiri sebagai penawarnya. Sebab didalam hatinya selalu tertanam sangkaan baik (Husnuzan) terhadap sang Khaliq bagi orang yang ridha ujian adalah pembangkit semangat untuk semakin dekat kepada Allah, dan semakin mengasyikkan dirinya untuk bermusyahadah kepada Allah.
5.Ridha terhadap perintah orang tua.
Ridha terhadap perintah orang tua merupakan salah satu bentuk ketaatan kita kepada Allah swt. karena keridhaan Allah tergantung pada keridhaan orang tua,  sebagaiman perintah Allah dalam Q.S. Luqman (31) ayat 14. Bahkan Rasulullah bersabda : “Keridhaan Allah tergantung keridhaan orang tua, dan murka Allah tergantung murka orang tua”. Begitulah tingginya nilai ridha orang tua dalam kehidupan kita, sehingga untuk mendapatkan keridhaan dari Allah, mempersyaratkan adanya keridhaan orang tua. Ingatlah kisah Juraij, walaupun beliau ahli ibadah, ia mendapat murka Allah karena ibunya tersinggung ketika ia tidak menghiraukan panggilan ibunya.
6. Ridha terhadap peraturan dan undang-undang Negara
Mentaati peraturan yang belaku merupakan bagian dari ajaran Islam dan merupakan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah swt. karena dengan demikian akan menjamin keteraturan dan ketertiban sosial. sebagaimana firman Allah yang terdapat dalam Q.S. an-Nisa:59. Ulil Amri artinya orang-orang yang diberi kewenangan, seperti ulama dan umara (Ulama dan pemerintah). Ulama dengan fatwa dan nasehatnya sedangkan umara dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
Termasuk dalam ridha terhadap peraturan dan undang-undang negara adalah ridha terhadap peraturan sekolah, karena dengan sikap demikian, berarti membantu diri sendiri, orang tua, guru dan sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan. Dengan demikian mempersiapkan diri menjadi kader bangsa yang tangguh.
C. Contoh perilaku ridha 
a)      Menjalankan dan beribadah kepada Allah Swt. 
b)      Sabar dalam menghadapi cobaan. 
c)      Selalu berharap kepada Allah Swt.
d)     Contoh Perilaku Dalam Kehidupan Sehari-Hari (Dikutip dari kisah para sahabat Rasulullah saw). Pada suatu hari Ali bin Abi Thalib r.a melihat Ady bin Hatim bermuram durja, maka Ali bertanya ; “Mengapa engkau tampak bersedih hati ?”. Ady menjawab ; “Bagaimana aku tidak bersedih hati, dua orang anakku terbunuh dan mataku tercongkel dalam pertempuran”. Ali terdiam haru, kemudian berkata, “Wahai Ady, barang siapa ridha terhadap takdir Allah SWT maka takdir itu tetap berlaku atasnya dan dia mendapatkan pahala-Nya, dan barang siapa tidak ridha terhadap takdir-Nya maka hal itupun tetap berlaku atasnya, dan terhapus amalnya”.
D.Manfaat menjalakan sifat Ridha dalam kehidupan sehari-hari.
            Manfaat suatu keridhaan yaitu Dengan ridho umat manusia akan
Ø  menimbulkan rasa optimis yang kuat dalam menjalani dan menatap kehidupan di masa depan dengan mengambil hikmah dari kehidupan masa lampau, orang yang berhati ridho atas keputusan-keputusan Allah SWT,
Ø  hatinya menjadi lapang,
Ø  dan jauh dari sifat iri hati, dengki hasat dan bahkan tamak/rakus,
Ø  ridho akan menumbuhkan sikap husnuz zann, terhadap ketentuan-ketentuan Allah, sehingga manusia tetap teguh iman dan amal shalehahnya,
Ø  dengan ridho setiap kesulitan yang kita hadapi akan ada jalan keluarnya, di tiap satu kesulitan ada dua kemudahan, dengan ridha akan menumbuhkan rasa cinta kasih terhadap sesama makhluk Allah SWT, dan akan lebih dekat dengan Allah SWT.
Cara supaya Ridha :1. Bersikap tawakkal dan sabar dalam menghadapi cobaan yang diberikan oleh Allah swt.2. Menerima dengan ikhlas cobaan yang diberikan dan tetap berusaha untuk menjadi yang lebih baik serta mengambil hikmah dan cobaan tersebut. 3. Percaya kepada takdir Allah swt. Sedangkan bahaya jika tidak ridha akan menimbulkan segala perbuatannya tidak di Ridha’i oleh Allah swt, mudah terjadi perselisihan antara manusia, manusia tidak akan bisa menerima segala ketentuan-ketentuan Allah swt.

2.3       AMAL SALEH
A.Pengertian Amal Saleh
Pengertian Amal Saleh artinya perbuatan yang baik. Beramal shaleh artinya melakukan hal-hal positif secara kreatif. Amal diartikan sebuah proses. Amal saleh diartikan sebuah proses yang baik sehingga menghasilkan sesuatu yang baik. Memperbanyak amal saleh berarti banyak jalan/cara yang baik (halal) untuk memperoleh sesuatu yang baik. Ada 2 dalil yaituDalil aqliberdasarkan logika, tanpa adanya amal-amalan shaleh, manusia akan terus-menerus berbuat kejahatan, yang akhirnya membuat dunia binasa dan di penuhi oleh orang-orang yang berbuat kerusakan. Sedangkan Dalil NaqliQ.S. Al-A’Raf *7] : 42 Artinya : “Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami tidak akan membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya. Mereka itulah penghuni-penghuni surga; mereka kekal di dalamnya.”
Q.s An-nahl Ayat 97-102: Dorongan untuk beramal saleh, keutamaan membaca Al Qur’an dan mentadabburi maknanya, waspada terhadap was-was setan dan penjelasan hikmah dari diturunkannya Al Qur’an.
مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (٩٧) فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ (٩٨) إِنَّهُ لَيْسَ لَهُ سُلْطَانٌ عَلَى الَّذِينَ آمَنُوا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ (٩٩) إِنَّمَا سُلْطَانُهُ عَلَى الَّذِينَ يَتَوَلَّوْنَهُ وَالَّذِينَ هُمْ بِهِ مُشْرِكُونَ (١٠٠) وَإِذَا بَدَّلْنَا آيَةً مَكَانَ آيَةٍ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا يُنَزِّلُ قَالُوا إِنَّمَا أَنْتَ مُفْتَرٍ بَلْ أَكْثَرُهُمْ لا يَعْلَمُونَ  (١٠١) قُلْ نَزَّلَهُ رُوحُ الْقُدُسِ مِنْ رَبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِينَ آمَنُوا وَهُدًى وَبُشْرَى لِلْمُسْلِمِينَ (١٠٢
Terjemah Surat An Nahl Ayat 97-102
97. Barang siapa mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik[1] dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan[2].  
98. Maka apabila engkau (Muhammad) hendak membaca Al Quran[3], mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk[4].
99. Sungguh, setan itu tidak akan berpengaruh terhadap orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya[5].
100. Pengaruhnya hanyalah terhadap orang yang menjadikannya pemimpin[6] dan terhadap orang yang mempersekutukannya dengan Allah.
101. [7]Dan apabila Kami mengganti suatu ayat dengan ayat yang lain[8], padahal Allah lebih mengetahui apa yang diturunkan-Nya, mereka berkata, “Sesungguhnya engkau (Muhammad) hanya mengada-ada saja.” Sebenarnya kebanyakan mereka tidak mengetahui[9].

102. Katakanlah, “Rohulkudus (Jibril)[10] menurunkan Al Quran itu dari Tuhanmu dengan benar[11], untuk meneguhkan (hati) orang yang telah beriman[12], dan menjadi petunjuk[13] serta kabar gembira[14] bagi orang yang berserah diri (kepada Allah).”
B.Yang termasuk perbuatan  amal saleh diantaranya :
  1). Amal Jariyah : pekerjaan yang mendatangkan pahala karena memberikan manfaat kepada orang lain, seperti membangun tempat ibadah.
  2). Amar Ma’ruf : menyeru atau mengajak orang untuk berbuat kebaikan, baik secara lisan maupun dengan memberikan contoh tauladan dalam bentuk perbuatan langsung.Firman Allah SWT  yang artinya : “dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar[217]; merekalah orang-orang yang beruntung”. (QS Ali-Imran ; 104)
3). Berbakti kepada orang tua
                  Keharusan berbakti kepada orng tua yang diajarkan dalam Islam sangatlah rasional, mengingat sedemikian besar jasa ibu dan bapak  dalam merawt dan menjaga anak-anak sejak dari kandungan hingga dewasa. Sesuai dengan firman Allah yang artinya : “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia” (QS. Al-Israa 23 )
3.   Amal saleh kepada Allah seperti:
  1). Memulai sesuatau perbuatan baik dengan Basmalah dan mengahirinya dnegan Hamdalah
  2). Brniatlah dengan ikhlas karena Allah setiap perbuatan baik yang hendak kita lakukan dan jangan lupa berfikir dengan matang dan benar
  3).  Disiplindalam bribadah dan beramal shaleh serta berdasarkan ilmu
  4).  Selalu berzdikir dan berdoa kepada Allah setelah berusaha dan berikhtiar
  5). brtawakal dan bersabar serta bersyukur kepada Allah
   4.   Amal shaleh terhadap diri sendiri misalnya :
  1).  Beribadah dan beramal shaleh kepada Allah
  2).  Tidak membiarkan diri jatuh kedalam dosa, kebinasaan, kehancuran seperti judi, zina,  mencuri, narkoba, merokok, merampok  dan lain-lain
   3).  Saling membantu dan mengurangi penderitaan orang lain karena Allah
  4).  Menjauhkan sikap tercela seperti : buruk sangka, iri, dengki, kikir, boros, adu domba dalam bergaul sesama manusia.
  5).  Menjauhkan sikap malas belajar, malas bekerja, pesimis, penakut, tergesa-gesa dan sikap atau sifat yang jelek lainnya
     5.   Berikut perbuatan amal saleh yang perlu kita tingkatkan untuk memajukan umat Islam saat ini
1.)  Disiplin dalam belajar,
Tugas seorang pelajar adalah belajar dengan ttekun. Dalam hal ini para pelajar dituntut untuk bekerja keras, dalam membaca dan menelaah pelajaran. Orang yang senang membaca akan memperoleh ilmu pengetahuan yang banyak. Belajar hendaknya dijauhkan dari hal-hal yang kurang baik (negatif), seperti permainan, video game, kenakalan remaja atau hal-hal lain yang kurang baik bagi seorang pelajar. Sebab pelajar yang sudh mengenal pergaulan diluar rumah yang negatif akan berakibat fatal. Mereka akan mengabaikan pelajaran di sekolah.
Dalam hal ini orang tua mempuyai pranan yang sangat penting . Mereka harus dapat mengarahkan anak-anaknya agar gemar mambaca hal-hal yang positif dan melarang membaca yang berbau negatif, seperti bacaab pornografi dan lainnya. Orang tua harus mempunyai sikap wspad di dlam mengawsi putra putrinya yang msih duduk di bangku sekolah. Karena pada masa sekarang banyak pelajar yang tidak menghiraukan dirinya sebagai pelajar, sebab mereka sudah mengenal dunia diluar sekolah. Oleh sebab itu pemerintah menghimbau agar para pelajar jangan mudah tekena pengaruh arus diluar sekolah seperti, narkoba, minuman keras, pergaulan bebas. Seorang pelajar harus tekun belajar demi masa depan bangsa dan negaranya.
2). Disiplin dalam bekerja
Disiplin dalam bekerja adalah modal dasar untuk memperoleh hasil yang memuaskan. Seorang muslim harus disiplin dalam bekerja, giat berusaha, tidak mengandalkan orang lain, atau bermalas-malasan sambil menentukan uluran tangan orng lain. Rasulullah SAW, memberikan contoh, sebaik-baiknya penghasilan adalah usaha sendiri dan penghidupan yang bersumber dari penghasilan itu. Oleh karena itu hendaklah rajin dan disiplin dalam bekerja, agar mendapat kesejahtaraan dan kebahagiaan hidup dengan tidak lupa mengingat Allah swt.
Maksud disiplin dalam bekerja adalah menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Misalnya, seorang bekerja di perusahaan maka ia harus mentaati semua peraturan sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih banyak. Atau kita berusaha ssendiri dengan kerja keras dan penggunan waktunya diatur. Dengan demikian akan menghasilkan sesuatu yang lebih banyak. Sebaliknya seseorang yang kurang disiplin dalam bekerja maka akan merugikan diri sendiri dan merugikan perusahaan.
Seseorang yang giat bekerja mempunyai tujuan atau angan-angan, seakan-akan hidup selama-lamanya. Jadi setiap hari ia mendapatkan kepuasan dengan keberhasilan usaha atau pekerjaannya.
3). Disiplin dalam berlalulintas
Untuk mencapai ketertiban di jalan raya, semua pengguna jalan hendaknya, mempunyai kesadaran untuk mentaati peraturan lalulintas, dalam bentuk rambu-rambu lalu lintas. Untuk menghidari kecelakaan hendaknya jangan kebut-kebutan, jangan emosi, jangan ceroboh, taati rambu-rambu. Begitu juga dalam melengkapi surat-surat kendaran. Seperti SIM, STNK,
Hubungannya dengan lalulintas pemerintah mengeluarkan undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan No 22 tahun 2009, adalah untuk menertibkan para pemakai jalan di Indonesia yang makin hari makin bertambah, baik jumlah kendaraan, angka pelanggaran, maupun angka kecelakaan.
4). Disiplin dalam beribadah.
Manusia sebagai makhluk Allah yang paling tinggi derajatnya dengan diberi akal untukl berfikir hingga dpat membedakan antara ang benar dengan yang salah, bahkan untuk mengelola alm semesta. Maka sudah sepantasnyalah manusia mendekatkan diri kepada Allah, atau bersyukur dengan meningkatkan ibadahnya kepada Allah.
Manusia mengemban amanat yang paling besar yaitu amanat aibadah dan amanat sebagai khalifah. Amanat ibadah artinya manusia wajib menyembah serta tunduk dan patuh hanya kepada Allah swt, sebagaimana Firman-Nya yang artinya : “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus[1595], dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus”. (QS. Al-Bayyinah ; 5 )
Dengan demikian secara akal maupun wahyu, manusia wajib berhubungan kepada Allah utnuk mengabdikan dirinya dengan mendisiplinkan ibadh, seperti mengerjakan shalat, menunaikan zakat dan ibadah yang lainnya.
5. Disiplin dalam masyarakat
Hidup bermasyarakat adalah fitrah manusia. Dilihat dari latar belakang budaya, setiap mnusia memiliki latar belakang yang berbeda. Karnanya setiap manusia memiliki watak dan ingkah laku yang berbeda, naum dengan bemasyarakat mereka tentu memiliki norma-norma dan nilai-nilaikemasyarakatan serta peraturan yang disepakati bersama, yang harus dihormati dan dihargai. Asebagai bangsa Indonesia yang religius dan berfalsafah Pancasila, tentunya kita harus mentaati dan mematuhi nilai-nilai dan norma-norma serta adat yang berlaku pada masyarakat kita.
Sesuai dengan naluri kemanusiaan, setiap anggota masyarakat ingin lebih mengutamakan kepentingan pribadi dan kelompoknya. Sekiranya tidak ada aturan yang mengikat dalam kemasyarakatan sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan oleh agama, niscaya kehidupan masyarakat akan kacau balau, karena setiap pribadi dan kelompok akan membanggakan diri pribadi dan kelompoknya masing-masing.
Berdsarkan kenyataan ini agama Islam menegaskan bahwa manusia yang paling berkualitas disisi Allah, bukanlah karena keturunan atau kekayaan, akan tetapi berdasarkan ketakwaannya. Ketakwaan merupakan perwujudan dari kedisiplinan yang tinggi dalam mematuhi perintah Allah. Ketakwaan adalah harta pusaka yang tidak dapat diwariskan melalui garis keturunan.
Agama Islam mengibaratkan anggota masyarakat itu bagaikan satu bangunan didalamnya terdapat komponen yang satu sama lain mempunyai fungsi berbeda-beda. Manakala salah satu komponen itu rusak maka seluruh bangunan itu akan rusak atau binasa. Hadits Nabi menegaskan yang artinya : Seorang mukmin dengan mukmin yang lainnya bagaikan bangunan yang sebagian dari mereka memperkuat bagian lainnya. Kemudian beliau menelusupkan jari-jari yang sebelah ke jari-jari tangan sebelah lainnya. ( HR. Bukhori Muslim dan Turmudzi)
6. Disiplin dalam penggunaan waktu
Dalam menggunakan waktu perlu diperhatikan dengan saksama, waktu yang sudah berlalu tidak mungkin akan kembali lagi. Demikian pentinganya arti wakti sehingga berbagai bangsa di dunia mempunyai ungkapan yang menyatakan “waktu adalah uang” . Peribahasa arab menyatakan: waktu adalah bagaikan pedang dan waktu adalah emas. Kita orang Indonesia menyatakan sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian tidak berguna.
Seandainya seorang siswa yang pada waktu belajar di rumah masih terus bermain-main dan pada waktu tidur ia gunakan untuk begadang semalam suntuk, tentu hidupnya menjadi tidak teraur. Karena ia tidak pandai menggunakan waktu dengan tepat. Oleh karena itu, hargailah waktu dengan cara berdisiplin dlam merencanakan, mengatur dan menggunakan waktu yang Allah karuniakan kepada kita tanpa dipungut biaya.

C.Manfaat Amal Shaleh
Manfaat-manfaat dari amal saleh adalah orang yang melakukan amal shaleh akan lebih dekat oleh Allah SWT, orang yang melakukan amal shaleh akan teguh imannya, terciptanya ketenangan dan kenyamanan sehingga kebersamaan di antara kita dalam menjalani hidup dapat terwujud, akan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Cara Supaya berAmal Saleh : 1. Menolong sesama hidup dan tidak mengharapkan suatu imbalan dalam melakukan suatu perbuatan. 2. Dalam pelaksanaan amal shaleh , harus dilandasi dengan sikap ikhlas dan rela berkorban. 3. Suci dalam pikiran, perbuatan dan perkataan.
D.Bahaya Apabila tidak Melakukan Perilaku Amal Shaleh
Bahaya jika tidak beramal saleh adalah orang-orang selalu ragu dalam mensikapi masalah ketentuan rizki, orang mempunyai teman untuk mencurahkan rahasia dan mengadukan permasalahannya kepadanya, namun teman mereka itu tidak dapat menyimpan rahasia dan tidak mau saling menolong, sibuk mengurus kesalahan orang lain (istighalu bi uyubil khalqi). Mencari-cari dan membuka aib atau kesalahan orang lain termasuk akhlak tercela yang merusak amal saleh yang telah diperbuat.
Keras hati (qaswatul qulub). Kondisi keras hati akan menimpa seorang mukmin jika dirinya tidak dapat menghindar sifat-sifat buruk seperti riya, takabur dan hasud. Termasuk keras hati adalah tidak mau menerima kebenaran dan nasihat baik. Cinta dunia (hubbud dunya), yakni menjadikan harta dan kedudukan atau hal duniawi lainnya seperti pujian dan popularitas–sebagai tujuan, bukan sarana. Tidak punya rasa malu (qillatul haya) sehingga merasa ringan dan tanpa beban saja ia melanggar aturan Allah (maksiat). Setiap mukmin pasti punya rasa malu, karena malu memang sebagian dari iman (hadis), utamanya malu kepada Allah SWT. Rasa malu akan mendorong perbuatan baik. Sebaliknya, ketiadaan rasa malu akan mendorong orang berbuat sekehendak hati tanpa mengindahkan syariat-Nya. Panjang angan-angan (thulul amal), yakni sibuk berangan-angan, berkhayal, tanpa usaha nyata.  Berbuat aniaya (zhalim), yakni perbuatan yang mendatangkan kerusakan bagi diri sendiri dan orang lain, tidak proporsional, dan melanggar aturan. Berbuat dosa termasuk aniaya, yakni aniaya terhadap diri sendiri.




BAB III
PENUTUP
3.1       KESIMPULAN
A.    Ada tiga hal pokok yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan keadilan adalah Allah SWT selalu mengawasi tindakan atau perbuatan manusia, Allah juga melarang umatnya berbuat sewenang-wenang yang tidak disenangi dan Allah memerintahkan umatnya untuk berbuat adil, ridha, dan beramal saleh kepada sesama manusia karena hal itu akan mendekatkan diri kepada ketakwaan. Ketiga perbuatan itu sangat berguna bagi pribadi, keluarga, kelompok, dan manusia secara keseluruhan.
B.     Adil adalah memberikan hak kepada orang yang berhak menerimanya tanpa ada pengurangan, dan meletakkan segala urusan pada tempat yang sebenarnya tanpa ada aniaya, Ridha  ialah menerima dengan senang segala apa yang diberikan oleh Allah s.w.t. baik berupa peraturan (hukum) ataupun qada’ atau sesuatu ketentuan dari Allah SWT. Jadi ridho adalah perilaku terpuji menerima dengan senang apa yang telah diberikan Allah kepadanya, berupa ketentuan yang diberikan kepada manusia.dan melakukan hal-hal positif secara kreatif. Amal diartikan sebuah proses. Amal saleh diartikan sebuah proses yang baik sehingga menghasilkan sesuatu yang baik. Memperbanyak amal saleh berarti banyak jalan/cara yang baik (halal) untuk memperoleh sesuatu yang baik
C.     Manfaat berperilaku Adil,Ridha dan amal shaleh yaitu menyadari bahwa semua orang harus mempertanggung jawabkan semua perbuatannya,hatinya menjadi lapang,menimbulkan sifat optimis dan menjauhkan dari irih hati.

3.2       SARAN
Perlu adanya rasa kesadaran dalam diri kita  bahwa berbuat baiklah dalam hidup karena dengan berbuat baiklah banyak hal yang bisa kita petik selain itu dapat menjauhkan kita dari siksa api neraka, karena salah satu dosa besar yang kita dapatkan apabila kita mengabaiakan atau bahakan tidak melakukan perbuatan baik terhadap sesama manusia.













Daftar Pustaka
Syamsuri.2007.Pendidikan Agma Islam untuk SMA Kelas XII. Jakarta.Erlangga
Tiarani.2013.Perilaku Terpuji.http://tiaranidelapan.blogspot.com/2013/10/perilaku-terpuji-adil-ridha-amal-saleh.html.diakses tanggal 08 agustus 2014.
Isna.2012.Perilaku Ridha.http://isna2464.blogspot.com/2012/11/perilaku-ridha-pengertian-contoh.html.diakses tanggal 08 Agustus 2014.
Paloh,Nawar.2012.PerilakuTerpuji.http://nawar-paloh.blogspot.com/2012/09/ridhaadil-dan-amal-shaleh.html.diakses tanggal 08agustus 2014.
Rachmat,Adika.2012.AyatAl-qur’an.http://adika-rachmat.blogspot.com/2012/03/ayat-al-quran-tentang-ridho-dalam.html.diakses tanggal 08 Agustus 2014.
2013.Tafsir Al’quranhttp://www.tafsir.web.id/2013/03/tafsir-nahl-ayat-97-110.html.diakses tanggal 08 agustus 2013.
Ridhowaldi.2012.Amal Shaleh.http://ridhowaldi.blogspot.com/2012/11/amal-saleh.htmlDiakses tanggal 08 agustus 2014.

1 komentar:

  1. Partisipasi dan amal jariyah dalam perluasan dan pembangunan masjidil
    haram dan masjid Nabawi

    1. Niat Ibadah ( dari Allah,Karena Allah dan untuk Allah)
    2. Membawa beberapa batu kerikil kecil yang Haq dari tanah air
    3. Point no 2 dapat dibawa sendiri/ dititipkan kepada Jamaah yang akan
    berangkat Umroh dan Haji
    4. Batu kerikil diletakkan diarea yg sedang dibangun/di Cor semen
    5. Atau dititipkan kepada pekerja pembangunan agar diletakkan ditempat
    tersebut
    6. Mudah-mudahan Allah Ridho dengan apa yang kita kerjakan

    * Umumnya waqaf qur'an
    * Tidak ada kotak amal di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi
    * Mungkin Batu kerikil tidak berarti untuk sebagian orang,akan tetapi
    jika diletakkan di kedua Masjid tersebut,paling tidak batu kerikil ini
    akan menjadi bagian terkecil dari bangunan tersebut.
    * Moment Perluasan dan Pembangunan Masjidil haram dan Masjid Nabawi

    BalasHapus